Rabu, 04 Juni 2014

Makalah Keseimbangan Konsumen

       Keseimbangan Konsumen
BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Kepuasan konsumen yang maksimum akan menyebabkan konsumen tidak lagi berusaha untuk menentukan gabungan barang lain yang akan digunakannya. Pencapaian kepuasan konsumen yang maksimum tersebut dinamakan keseimbangan konsumen. Analisis ekonomi mikro perilaku individual selalu dimulai dengan seberapa besar kepuasan konsumen atas barang dan jasa. Yang dimaksud dengan “seberapa besar kepuasan konsumen” adalah “utiliti”. Utiliti adalah suatu properti yang umum untuk komoditi yang diinginkan. Secara historis, teori nilai guna (utility) merupakan teori yang terlebih dahulu dikembangkan untuk menerangkan kelakuan individu dalam memilih barang-barang yang akan dibeli dan dikonsumsinya. Dapat dilihat bahwa analisis tersebut telah memberi gambaran yang cukup jelas tentang prinsip-prinsip pemaksimuman kepuasan yang dilakukan oleh orang-orang yang berfikir secara rasional dalam memilih berbagai barang keperluannya. Analisis inni dikenal sebagai analisis kurva kepuasan sama, yang meliputi penggambaran dua macam kurva, yaitu kurva kepuasan sama dan garis anggaran pengeluaran.

B.     Permasalahan   
             1.      Apa yang dimaksud teori nilai guna?
             2.      Apa maksud garis anggaran belanja?
             3.      Apakah yang dimaksud keseimbangan konsumen?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui tentang nilai guna, garis anggaran belanja dan kesimbangan konsumen
2.      Memberikan ilmu kepada pembaca agar dapat memahami tentang keseimbangan konsumen

D.    Manfaat Penulisan
1.      Meningkatkan pengetahuan tentang mikro ekonomi khususnya tentang keseimbangan konsumen
2.      Memenuhi tugas mata kuliah Mikro Ekonomi
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Keseimbangan Konsumen
Tingkat keseimbangan adalah tingkat pendapatan dimana pengeluaran yang direncanakan adalah sama dengan pengeluaran yang sebenarnya, sehingga tidak terdapat penambahan atau pengurangan persediaan secara tidak sengaja. Konsumen adalah manusia yang menggunakan barang atau jasa yang barang atau jasa itu digunakan untuk alat pemuas kebutuhan bagi dirinya maupun orang lain. 
Menurut ekonomi konvensional keseimbangan konsumen dapat diketahui melalui dua pendekatan, yaitu :
           1.      Pendekatan dengan menggunakan kurva indeference yang dikenal dengan pendekatan ordinal.
            2.      Pendekatan matematis yang dikenal dengan pendekatan marginal.

Faktor-faktor yang ikut memengaruhi perilaku konsumen :
        1.      Faktor individual
 Setiap orang mempunyai sifat, bakat, minat, motivasi, dan selera sendiri. Pola konsumsi mungkin juga dipengaruhi oleh faktor emosional. Sebagian hal ini memerlukan bantuan psikolog untuk menjelaskannya. Tetapi ada juga faktor objektif, seperti umur, kelompok umur, dan lingkungan yang memengaruhi tidak hanya pada apa yang dikonsumsi tetapi juga kapan, berapa, model-modelnya, dan sebagainya.
         2.      Faktor ekonomi
Selain harga barang, pendapatan konsumen dan adanya substitusi, ada beberapa hal lain yang ikut berpengaruh terhadap permintaan seseorang/keluarga :
o   Lingkungan fisik (panas, dingin, basah, kering, dsb)
o   Kekayaan yang sudah dimiliki
o   Pandangan/harapan mengenai penghasilan di masa yang akan datang
o   Besarnya keluarga
o   Tersedia tidaknya kredit murah untuk konsumsi
          3.      Faktor sosial
Orang hidup dalam masyarakat, dan harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Sudah disebutkan bahwa gaya hidup menjadi contoh yang suka ditiru oleh golongan masyarakat lainnya. Pada hal pola konsumsi orang kaya sebagian hanya untuk pamer, barang dibeli justru karena mahal. Dalam masyarakat kita unsur ‘tidak mau kalah dengan tetangga’ masih amat kuat.
   4.      Faktor kebudayaan
 pertimbangan berdasarkan agama dan adat kebiasaan dapat membuat keputusan untuk konsumsi jauh berbeda dengan apa yang diandaikan dalam teori.

B.     Teori Nilai Guna (Utility)
Nilai guna (utility) adalah kepuasan yang diperoleh konsumen / seseorang dari mengkomsumsi suatu barang.
Teori tingkah laku konsumen dapat dibedakan dalam dua macam pendekatan.
o   Pendekatan nilai guna (utiliti) kardinal.
Nilai guna kardinal menyatakan bahwa kenikmatan yang diperaih konsumen dapat dinyatakan secara kuantatif. Seorang konsumen akan menentukan konsumsinya dengan menentukan jumlah (kuantum) atas berbagai jenis komoditi atau barang di pasar.
o   Pendekatan nilai guna ordinal.
Nilai guna ordinal menyatakan bahwa manfaat atau kenikmatan yang diperoleh konsumen dalam mengkansusikan barang tidak dikuantifikasi. Seorang konsumen dalam memaksimumkan kepuasan dalam memaksimumkan komoditi ditunjukkan dalam kurve kepuasan sama (gabungan komoditi yang memberi kepuasan sama).

Nilai guna (utility) terbagi menjadi 2 yaitu:
a.       Nilai Guna Total (total utility)
adalah jumlah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkomsumsi sejumlah barang tertentu. Kurva nilai guna total bermula dari titik 0, yang menunjukkan tidak ada konsumsi barang x, selanjutnya akan naik seiring dengan bertambahnya jumlah konsumsi, dan pada akhirnya akan turun apabila konsumsi melebihi 8. 
b.      Nilai Guna Marginal (marginal utility)
adalah tambahan (atau pengurangan) kepuasan sebagai akibat dari pertambahan (atau pengurangan) satu unit barang yang di konsumsi.

1.    Hipotetis Utama Teori Nilai Guna
Bunyi hipotetisnya ialah:
“Tambahan nilai guna yang akan diperoleh seseorang dari mengkonsumsikan suatu barang akan menjadi semakin sedikit apabila orang tersebut terus menerus menambah komsumsinya keatas barang tersebut dan pada akhirnya tambahan nilai guna akan menjadi negatif”.
Pada hakikatnya hipotesis tersebut menjelaskan bahwa pertambahan yang terus menerus dalam mengkonsumsi suatu barang tidak secara terus menerus menambah kepuasan yang dinikmati orang yang mengkonsumsikannya. Pada permulaannya setiap tambahan konsumsi akan mempertinggi tingkat kepuasan orang tersebut. Misalnya, apabila seseorang yang berbuka puasa memperoleh segelas air, maka ia memperoleh sejumlah kepuasan dan jumlah kepuasan itu akan menjadi bertambah tinggi apabila ia dapat meminum segelas air lagi. Pertambahan kepuasan ini tidak berlangsung terus menerus, pada gelas kelima orang itu merasa bahwa yang diminumnya sudah terlalu banyak. Kalau ditawarkan pada gelas keenam maka orang itu akan menolak, karena dia merasa lebih puas meminum lima gelas air daripada enam gelas. Dengan demikian pada gelas keenam tambahan nilai guna adalah negatif dan nilai guna total dari meminum enam gelas adalah lebih rendah dari nilai guna yang diperoleh dari meminum lima gelas.
2.  Cara Memaksimumkan Nilai Guna
Kerumitan yang ditimbulkan untuk menentukan susunan atau komposisi dan jumlah barang yang akan mewujudkan nilai guna yang maksimum bersumber dari perbedaan harga-harga berbagai barang. Kalau harga barang adalah bersamaan, nilai guna akan mencapai tingkat yang maksimum apabila nilai guna marjinal dari setiap barang adalah sama.

3. Syarat Pemaksimuman Nilai Guna
Dalam keadaan dimana harga-harga berbagai macam barang adalah berbeda. Syarat yang harus dipenuhi agar barang-barang yang dikonsumsikan akan memberikan nilai guna yang maksimum adalah: Setiap rupiah yang dikeluarkan untuk membeli unit tambahan berbagai jenis barang akan memberikan nilai guna marjinal yang sama besarnya.

4. Teori Nilai Guna dan Teori Permintaan
Dengan menggunakan teori nilai guna dapat diterangkan sebabnya kurva permintaan bersifat menurun dari kiri atas ke kanan bawah yang menggambarkan bahwa semakin rendah harga suatu barang, semakin banyak permintaan ke atasnya. Ada 2 faktor yang menyebabkan permintaan keatas suatu barang berubah apabila harga barang itu mengalami perubahan: Efek penggantian dan Efek pendapatan.

5    5. Efek Penggantian
Perubahan suatu barang mengubah nilai guna marjinal per rupiah dari barang yang mengalami perubahan harga tersebut. Kalau harga mengalami kenaikan, nilai guna marjinal per rupiah yang diwujudkan oleh barang tersebut menjadi semakin rendah. Misal, harga barang A bertambah tinggi, maka sebagai akibatnya sekarang MU barang A/PA menjadi lebih kecil dari semula. Kalau harga barang-barang lainnya tidak mengalami perubahan lagi maka perbandingan diantara nilai guna marjinal barang-barang itu dengan harganya (atau nilai guna marjinal per rupiah dan barang-barang itu) tidak mengalami perubahan. Dengan demikian, untuk barang B misalnya, MU barang B/PB yang sekarang adalah sama dengan sebelumnya. Berarti sesudah harga barang A naik, keadaan yang berikut berlaku : Dalam keadan seperti diatas, nilai guna akan menjadi bertambah banyak (maka kepuasan konsumen akan menjadi bertambah tinggi) sekiranya konsumen itu membeli lebih banyak barang B dan mengurangi pembelian barang A. kedaan diatas menunjukkan bahwa kalau harga naik, permintaan terhadap barang yang mengalami kenaikan harga tersebut akan menjadi semakin sedikit. Dengan cara yang sama sekarang tidak susah untuk menunjukkan bahwa penurunan harga menyebabkan permintaan ke atas barang yang mengalami penurunan harga itu akan menjadi bertambah banyak. Penurunan harga menyebabkan barang itu mewujudkan nilai guna marjinal per rupiah yang lebih tinggi daripada nilai guna marjinal per rupiah dari barang-barang lainnya yang tak berubah harganya. Maka, karena membeli barang tersebut akan memaksimumkan nilai guna, permintaan ke atas barang tersebut menjadi bertambah banyak apabila harganya bertambah rendah.

6    6.  Efek Pendapatan
Kalau pendapatan tidak mengalami perubahan maka kenaikan harga menyebabkan pendapatan riil menjadi semakin sedikit. Dengan perkataan lain, kemampuan pendapatan yang diterima untuk membeli barang-barang menjadi bertambah kecil dari sebelumnya. Maka kenaikan harga menyebabkan konsumen mengurangi jumlah berbagai barang yang dibelinya, termasuk barang yang mengalami kenaikan harga. Penurunan harga suatu barang menyebabkan pendapatan riil bertambah, dan ini akan mendorong konsumen menambah jumlah barang yang dibelinya. Akibat dari perubahan harga kepada pendapatan ini, yang disebut efek pendapatan, lebih memperkuat lagi efek panggantian didalam mewujudkan kurva permintaan yang menurun dari kiri atas ke kanan bawah.

     7Surplus Konsumen
Teori nilai guna dapat pula menerangkan tentang wujudnya kelebihan kepuasan yang dinikmati oleh para konsumen. Kelebihan kepuasan ini, dalam analisis ekonomi, dikenal sebagai surplus konsumen. Surplus konsumen pada hakikatnya berarti perbedaan diantara kepuasan yang diperoleh seseorang didalam mengkonsumsikan sejumlah barang dengan pembayaran yang harus dibuat untuk memperoleh barang tersebut. Kepuasan yang diperoleh selalu lebih besar daripada pembayaran yang dibuat.
Contoh: Seorang konsumen pergi ke pasar membeli mangga dan bertekad membeli satu buah yang cukup besar apabila harganya Rp.1500. Sesampainya dipasar ia mendapati bahwa mangga yang diinginkannya hanya berharga Rp.1000. jadi, ia dapat memperoleh mangga yang diinginkannya dengan harga Rp.500 lebih murah daripada harga yang bersedia dibayarkannya. Nilai Rp.500 ini dinamakan Surplus Konsumen.

C.    Kurva Kepuasan Sama
1.      Kurva Kepuasan Sama (Kurva Indefference)
Kurva indefferent merupakan kurva yang menunjukkan kombinasi konsumsi dua macam barang dari seorang konsumen yang memberikan tingkat kepuasan yang sama.
Karakter kurva kepuasan sama:
a.       Cembung terhadap titik original (convex to origin)
b.      Bergerak dari kiri atas ke kanan bawah (downward sloping)
c.       Tidak saling berpotongan
d.      Semakin tinggi kurva kepuasan sama, tingkat kepuasannya semakin besar
e.       Daerah yang relevan untuk berkonsumsi adalah yang berkecondongan negatif

2.      Beberapa banyak konsumen membeli barang dalam kurva indeferensi
1.      Konsumen memiliki peta indeferensi
2.      Konsumen memiliki sejumlah uangdan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan
3.      Ia merupakan seorang di antara banyak pembeli dan mengetahui harga barang
4.      Semua benda adalah homogen dan dapat di bagi
5.      Konsumen bertindak rasional

3.      Beberapa asumsi dalam menganalisi Konsumen
a.       Konsumen bertindak kosisten dan rasional artinya membuat urutan preferensi (baik jenis barang maupun komposisi atau kombinasi)
b.      Konsumen berada dalam indiferent (berada dalam pilihan atau harus memilih) apakah kombinasi kesatu (P) atau kombinasi kedua (Q)
c.       Cembung terhadap titik pangkal

4.      Bentuk Kurva Kepuasan Sama

5.      Beberapa ciri kurva indifferent (dengan gambar) : 
o   Kurva indeferent mempunyai kemiringan negatif (dari kiri atas ke kanan bawah).
o   Kurva indeferent yang lebih tinggi kedudukannya menunjukkan tingkat kepuasan yang semakin tinggi. 
o   Kurva indeferent tidak pernah berpotongan dengan kurva indefferent lainnya.
Kurva indefferent cembung ke titik asal.( titik 0 ) 

      D.    Garis Anggaran Belanja
Kurva kepuasan sama menggambarkan keinginan konsumen untuk memperoleh barang-barang dan kepuasan yang akan dinikmatinya dari mengkonsumsi barang-barang tersebut. Dalam gambaran itu belum ditunjukkan sampai dimana kemampuan konsumen untuk membeli berbagai gabungan barang-barang tersebut. Di dalam kenyataannya, konsumen tidak dapat memperoleh semua barang yang diinginkannya sebab ia dibatasi oleh pendapatan yang dapat dibelanjakan. Dengan demikian persoalan yang dihadapi oleh setiap konsumen adalah “bagaimanakah ia harus membelanjakan pendapatan yang ada padanya sehingga pengeluaran tersebut menciptakan kepuasan yang paling maksimum kepadanya?”. Dengan menggunakan kurva kepuasan sama masalah ini tidak dapat dipecahkan. Analisis yang dibuat perlu juga menggambarkan garis anggaran pengeluaran yang menunjukkan berbagai gabungan barang-barang yang dapat dibeli oleh sejumlah pendapatan tertentu.

      E.     Keseimbangan Konsumen
Keseimbangan konsumen merupakan suatu pencapaian kepuasan konsumen yang maksimum yang menyebabkan konsumen tidak lagi berusaha untuk menentukan gabungan barang lain yang akan digunakannya.

Gambar kurva keseimbangan konsumen :

1.      Pengaruh Perubahan Pendapatan Konsumen Terhadap Keseimbangan Konsumen
 Income Consumption Curve (ICC), kombinasi produk yang dikonsumsi untuk memberikan kepuasan (utilitas) maksimum kepada konsumen pada berbagai tingkat pendapatan.
Kurva Engel, menunjukkan hubungan antara pendapatan konsumen dengan jumlah barang yang dikonsumsi.
2.      Pengaruh Perubahan Harga Terhadap Keseimbangan Konsumen
Price Consumption Curve (PCC), kombinasi barang atau jasa yang dikonsumsi oleh konsumen yang memberikan kepuasan (utilitas) maksimum kepada konsumen pada berbagai tingkat harga.
 Kurva permintaan konsumen individual diturunkan dari titik-titik pada kurva PPC, menggambarkan jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga. 



BAB III
KESIMPULAN

1.      Keseimbangan konsumen merupakan suatu pencapaian kepuasan konsumen yang maksimum yang menyebabkan konsumen tidak lagi berusaha untuk menentukan gabungan barang lain yang akan digunakannya.
2.      Dalam analisis untuk menerangkan tingkah laku konsumen dalam mengkonsumsikan barang digunakan dua jenis kurva, yaitu kurva kepuasan sama dan garis anggaran belanja. Dengan menggunakan kedua kurva ini akan ditunjukkan bahwa konsumen akan mencapai kepuasan yang maksimum apabila garis anggaran pengeluaran disinggung oleh kurva kepuasan sama yang paling tinggi.
3.      Kurva kepuasan sama menggambarkan kombinasi dua barang yang memberikan suatu tingkat kepuasan tertentu. Sedangkan garis anggaran belanja menggambarkan kombinasi dua barang yang dapat dibeli oleh sejumlah uang tertentu.




DAFTAR PUSTAKA

Sukirno Sadono, Teori Pengantar Mikro Ekonomi Edisi ke-3. Rajawali Press. Jakarta 2002





Tidak ada komentar:

Posting Komentar